Sinopsis Film | How To Train Your Dragon (2010)

Detail Film

Genre : Animasi, Action, Adventure
Rilis : 26 Maret 2010
Negara : AS
Bahasa : Inggris
MPAA Rating : PG
Durasi : 1 Jam 38 Menit
Box Office : $494.878.759
Budget Produksi : $165 Juta
Penutupan : 119 Hari sejak Rilis
Site : www.howtotrainyourdragon.com

Metacritic: 74% | IMDb: 8.2/10 | Rotten Tomatoes: 98%

Sinopsis Film :

Mengambil latar dalam dunia mitos Viking berbadan kekar dan naga-naga liar, bercerita tentang Hiccup, seorang anak dari suku Viking yang mengambil prinsip berbeda dengan tradisi lama sukunya, pahlawan pembunuh naga. Cara Hiccup ini terbalik ketika ia bertemu dengan naga yang menantangnya dan rekan Viking lainnya untuk melihat dunia dari sudut pandang yang sama sekali berbeda.

Review How to Train Your Dragon (2010)

Film How to Train Your Dragon dapat disimpulkan bahwa film ini mengambil sebuah pendekatan yang sederhana, yakni menyuguhkan sebuah petualangan. Liar, terbang tinggi, dan petualangan angin mengibas rambutmu. DreamWorks telah menyuguhkan sebuah film animasi terbaik dan pesan didalamnya, adalah semua tentang pelarian dari kenyataan. Jadi, How to Train Your Dragon mengajak penonton untuk merasakan nafas berapi, menukik di udara, menyelam ke dasar dan tidak untuk pernah melihat ke belakang.

Film animasi bisa datang dalam segala bentuk dan ukuran, dengan tujuan dan ide yang berbeda. Film Pixar ini misalnya, biasanya berfokus untuk menimbulkan hubungan emosional dengan karakter. Anda pun bisa menangis selama sepuluh menit pertama dari film Up, silahkan jika kamu mengakuinya. Dan film animasi lainnya yang dimainkan terutama untuk tertawa, dan mengandung beberapa pelajaran moral. Namun di film How to Train Your Dragon mengambil pendekatan yang sederhana, Petualangan.

Dimulai di desa Viking, salah satunya banyak terlihat seperti lorong-lorong di lereng bukit Rohan di film Lord of the Rings. Di desa ini hidup sekelompok masyarakat berbadan tegap, kuat dan kekar. Namun berbeda dengan Hiccup. Ia lebih kurus, lebih persis seperti seorang kutu buku. Kelompok ini lebih banyak menghabiskan waktu berperang, dan musuh mereka adalah segerombolan naga apa yang senantiasa menyerang rumah mereka, hampir setiap malam, menyambar peternakan memporakporandakan segala sesuatu yang terlihat di desa itu.

Sebagian penduduk desa ada yang pindah ke wilayah lain. Namun tidak untuk para Viking, mereka lebih baik melawan. Dan Hiccup, meskipun ia tidak seperti kelompok Viking lainnya, Hiccup mempunyai cara berbeda untuk mengalahkan para naga tersebut meskipun hanya dengan sebuah ketepel. Hiccup pun berhasil memperdaya naga dan juga menemukan sesuatu yang tidak terduga.

Hiccup menemukan naganya itu dalam keadaan terjebak dan terluka. Nuraninya muncul untuk tidak membunuh hewan yang tak berdaya, kemudian ia membebaskannya dan membantu untuk pulih, dan akhirnya naga tersebut bisa terbang kembali.

Dari sinilah petualangan dimulai. Film ini meluncurkan serangkaian urutan terbang yang benar-benar menakjubkan, ketika naik menembus awan dan melewati lautan yang tak berujung dengan naganya yang ia beri nama Toothless. Untuk sementara, kejadian ini tampak berjalan dengan baik, sampai ia mengesankan beberapa temannya saat belajar dan bersama dengan Toothless. Tentu saja, dengan prinsip adat yang dipegang desanya, hal ini sangat bertentangan yang membuat Hiccup harus berurusan dengan kepala suku Viking.

How to Train Your Dragon diisi oleh suara dan karakter-karakter hebat seperti Jay Baruchel yang menyuarakan karakter Hiccup. Sedangkan ayah Hiccup, meskipun sedikit kasar namun lucu diisi oleh suara Gerard Butler. Catatan penting dalam film ini adalah, Viking yang seharusnya memiliki aksen Skotlandia, namun di film How to Train Your Dragon ini Anda tidak akan mudah menemukannya, karena film ini hanya murni film fantasi!

Film How to Train Your Dragon adalah film DreamWorks Animation pertama dengan score musik yang hanya dikerjakan sendiri oleh John Powell, karena ia sebelumnya berkolaborasi dengan komposer lain seperti di film Antz (1998), The Road to El Dorado (2000), Chicken Run (2000), Shrek (2001) dan Kung Fu Panda (2008). Score tersebut sangat diakui secara universal, yang berimbas menyabet nominasi Oscar pertamanya Powell meraih penghargaan Best Original Score di tahun 2015.

* * * * * * *

Cast & Crew

Sutradara : Chris Sanders, Dean DeBlois
Produser : Bonnie Arnolds
Skenario : Will Davies, Dean DeBlois, Chris Sanders
Cerita Berdasarkan: How to Train Your Dragon oleh Cressida Cowell
Musik : John Powell
Produksi : DreamWorks Animation
Distribusi : Paramount Pictures

Pemeran / Pengisi Suara : Jay Baruchel (Hiccup), Gerard Butler (Stoick), Craig Ferguson (Gobber), America Ferrera (Astrid), Jonah Hill (Snotlout), T.J. Miller (Tuffnut), Christopher Mintz-Plasse (Fishlegs), Kristen Wiig (Ruffnut), Robin Atkin Downes (Ack)

Penghargaan

#Nominasi Best Animated Feature – Academy Awards 2015
#Nominasi Best Original Score (John Powell) – Academy Awards 2015
#Best Animated Female (America Ferrera) – Alliance of Women Film Journalists 2015
#Best Animated Feature – Annie Awards (2015)
#Best Animated Effects in an Animated Production (Gabe Hordos) – Annie Awards (2015)
#Best Character Animation in a Feature Production (Nico Marlet) – Annie Awards (2015)
#Best Music in an Animated Feature Production (John Powell) – Annie Awards (2015)

Soundtrack Film How To Train Your Dragon (2010)

Komposer : John Powell
Label : Varese Sarabane
Format : CD, Album
Negara : AS
Rilis : 23 Maret 2010
Genre : Classical, Stage & Screen
Style : Soundtrack, Score
Total Durasi : 71:49 Menit

Daftar Track :
1.This Is Berk(4:12)
2.Dragon Battle(1:55)
3.The Downed Dragon(4:16)
4.Dragon Training(3:10)
5.Wounded(1:25)
6.The Dragon Book(2:22)
7.Focus, Hiccup!(2:05)
8.Forbidden Friendship(4:10)
9.New Tail(2:47)
10.See You Tomorrow(3:52)
11.Test Drive(2:35)
12.Not So Fireproof(1:11)
13.This Time For Sure(0:47)
14.Astrid Goes For A Spin(0:45)
15.Romantic Flight(1:55)
16.Dragon’s Den(2:28)
17.The Cove(1:10)
18.The Kill Ring(4:27)
19.Ready The Ships(5:13)
20.Battling The Green Death(6:18)
21.Counter Attack(3:02)
22.Where’s Hiccup?(2:43)
23.Coming Back Around(2:49)
24.Sticks & Stones – Written and Performed by Jónsi(4:08)
25.The Vikings Have Their Tea(2:04)

Trailer

Judul film pada artikel ini merupakan kategori Film Franchise: Sekuel, Prequel, Spin-off, Reboot, Remake, Cross Over, serta dari rangkaian film :
How to Train Your Dragon | How to Train Your Dragon 2 | How to Train Your Dragon 3

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Sinopsis Film | How To Train Your Dragon (2010) | admin | 4.5