Sinopsis Film | Laskar Pelangi (2008)

Sinopsis Film Laskar Pelangi (2008)

Detail Film

Genre : Drama
Rilis : 25 September 2008
Negara : Indonesia
Rating : SU
Durasi : 2 Jam 4 Menit
Box Office : Rp 139 Miliar
Budget Produksi :
Penutupan :
Site : www.laskarpelangithemovie.com

FilmIndonesia.or.id: 7.5/10 | IMDb: 7.8/10

Ringkasan Film :
Menceritakan keadaan pada tahun ’70-an, sekelompok 10 siswa berjuang dengan kemiskinan dan mengembangkan harapan untuk masa depan di sebuah Desa Gantung, Desa yang mengandalkan pertanian dan pertambangan timah pulau Belitung di lepas pantai timur Sumatera.

Review

Pada bulan Februari 2013, film Laskar Pelangi mencatatkan rating tertinggi sebagai film yang tetap paling banyak ditonton sejak perilisannya di tahun 2008. Namun, film terlaris tertinggi sepanjang masa Indonesia saat ini adalah film Habibie & Ainun (2012).

Laskar Pelangi, dikenal juga sebagai film yang berjudul The Rainbow Troops (Europe), Die Regenbogenkrieger (Jerman), merupakan araha sutradara Riri Riza. Tercatat hingga Maret 2009, film ini telah ditonton oleh 4.6 juta orang menjadikannya sebagai film dengan penonton terbanyak keempat di Indonesia setelah film Jaelangkung (5,7 Juta), Pocong 2 (5,1 juta) dan film Ada Apa Dengan Cinta (4,9 juta).

Sinopsis

Film yang berkisah tetang 10 anak yang miris di dunia pendidikan Indonesia, dimana sekolah mereka berada yang kekurangan murid hendak ditutup. Sekolah itu adalah SD Muhammadiyah Gantung, Belitung Timur. Atas dasar murid tersebut genap berjumlah 10 sebagai salah satu syarat, sekolah dan bangunan seadanya tersebut tetap diizinkan melakukan proses belajar mengajar seperti biasa. Dan kesepuluh murid itu adalah Laskar Pelangi –┬áIkal (Zulfanny), Lintang (Ferdian), Mahar (Verrys Yamarno), Harun (Jeffry Yanuar), Sahara (Dewi Ratih Ayu Safitri), A Kiong (Suhendri), Flo (Marcheilla El Jholla), Borek (Febriansyah), Kucai (Yogi Nugraha), Syahdan (M. Syukur Ramadan), Trapani (Suharyadi Syah Ramadhan), A Ling (Levina) – sebuah julukan yang diberikan oleh guru mereka, Bu Muslimah (Cut Mini), karena mereka sangat menyukai akan pelangi.

Laskar Pelangi menjadikan film perintis yang diangkat berdasarkan novel di Indonesia. Tetralogi karya Andrea Hirata. Film ini sukses besar karena juga atas faktor soundtrack didalamnya. Soundtrack film terdiri dari deretan musisi papan atas tanah air, seperti Nidji dan Netral. Band Nidji pun didaulat mengiringi lagu untuk theme song Laskar Pelangi dengan judul yang sama dengan judul film. Soundtrack utama film tersebut, membuat band Nidji menjadikannya sebagai awal mula langkahnya untuk mendapatkan sebutan ‘King of Soundtrack‘.

* * * * * * *

Cast & Crew

Sutradara : Riri Riza
Produser : Mira Lesmana
Penulis : Salman Aristo, Riri Riza, Mira Lesmana
Berdasarkan : Novel Laskar Pelangi oleh Andrea Hirata
Distribusi : Miles Films, Mirzan Production

Pemain : Cut Mini (Ibu Muslimah), Ikranagara (Bapak Harfan), Tora Sudiro (Bapak Mahmud), Slamet Rahardjo (Bapak Zulkarnaen), Mathias Muchus (Bapak Ikal), Teuku Rifnu Wikana (Bapak Bakri), Rieke Dyah Pitaloka (Ibu Ikal), Ario Bayu (Lintang dewasa), Febriansyah (Borek), Ferdian (Lintang muda), Alex Komang (Bapak Lintang), Marcella El Jolia Kondo (Flo), Levina (A Ling), Zulfanny (Ikal), Jajang C. Noer (Istri Pak Harfan), Yogi Nugraha (Kucai), M. Syukur Ramadan (Syahdan), Verrys Yamarno (Mahar), Jeffry Yanuar (Harun), Dewi Ratih Ayu Safitri (Sahara), Suhendri (A Kiong), Suharyadi Syah Ramadhan (Tripani)

Behind the Scene

Setelah film ini difilmkan, Pulau Belitung turut pula kena imbasnya menjadi tujuan wisata populer. Produser film Mira Lesmana mengatakan, dalam proses pembuatan film ini hampir 100% pengambilan gambar dan syuting dilakukan di Belitung. Dan satu hal yang cukup istimewa di film ini, 12 orang pemain, 10 Laskar Pelangi dengan dua karakter pelengkap yang memerankan Flo dan A Ling, semuanya asli dari Belitung.

Dari hasil Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bangka Belitung, sejak penayangan film Laskar Pelangi, jumlah kunjungan tamu asing atau pun domestik, dalam 3 tahun terakhir terus mengalami kenaikan. Di tahun 2012, total 223.611 orang telah berkunjung ke sana, dengan rincian wisatawan mancanegara yang datang sebanyak 1.864 orang dan wisatawan lokal sebanyak 221.747 orang. Sedangkan di tahun 2013, lonjakan pengunjung mengalami kenaikan sebesar 10%.

Seiring banyaknya pengunjung yang datang, jumlah resort di Belitung pun telah bertambah. Selama 3 tahun dari 2012 – 2015, resort atau hotel di Belitung mencapai 40 hotel. Dengan pencapaian dan tumbuhnya pariwisata Belitung, menjadikan wilayah ini kini sejajar dengan dareah wisata lainnya yaitu Pangkalpinang.

Soundtrack Film Laskar Pelangi (2008)

Composer : Various Artists
Label : Trinity Optima Production
Format : CD, Album
Rilis : 5 September 2008
Negara : Indonesia
Genre : Rock, Pop, Alternative, Soundtrack
Total Durasi :

1. Nidji – “Laskar Pelangi”
2. Sherina – “Ku Bahagia”
3. Netral – “Lintang”
4. Gita Gutawa – “Tak Perlu Keliling Dunia”
5. Ipang – “Sahabat Kecil”
6. Float – “Waltz Musim Pelangi”
7. Garasi – “Sahabat”
8. Gugun and the Bluesbug – “Mengejar Harapan”
9. Nidji – “Laskar Pelangi” (Full String Version)
10 Veris & Mara Karma – “Bunga Seroja”

Trailer

Save

Tags: sinopsis ipang sahabat kecil
Sinopsis Film | Laskar Pelangi (2008) | admin | 4.5