Sinopsis Film | Titanic (1997)

Detail Film

Genre : Drama, Romance
Rilis : 19 Desember 1997
Negara : Amerika
Bahasa : Inggris
Rating : PG-13
Durasi : 3 Jam 14 Menit
Box Office : $2.186.772.302
Budget Produksi : $200 Juta
Penutupan :
Site :

Metacritic: 74% | IMDb: 7.7/10 | Rotten Tomatoes: 88%

Sinopsis Film :

Sebuah kisah fiksi nan romantis dari seorang gadis kaya dan seorang anak boheiman miskin yang dipertemukan pada sebuah perjalanan kapal pesiar naas, yang menjadikan kisah mereka “yang tak dapat tenggelam.”

Review Titanic (1997)

Dalam sinopsis Titanic di atas, disebutkan bahwa film yang menceritakan tentang kisah seorang gadis kaya dan seorang anak boheiman miskin, yang diperankan secara apik oleh aktor Leonardo DiCaprio. Nah, persis seperti perannya di film ini, DiCaprio menjadi seorang boheiman, atau stereotip dari seorang seniman pelukis yang urakan, serta miskin pula, yang beruntung dapat menaiki sebuah kapal pesiar yang seharusnya hanya berpenumpang dari golongan konglomerat.

Seperti laiknya piramid Sphinx di dasar laut, Titanic masih menghadap ke arah Barat, terputus selamanya ditengah-tengah perjalanannya. Kita akan melihatnya pada scene pembukaan film Titanic, yang telah berlumpur selama 85 tahun, terlihat dari pengambilan remote control kamera ular di dasar laut, menembus koridor melalui pintu kapal, menujukkan pada kita keadaan ruang privat utama kapalnya dibangun untuk para jutawan serta sarang para lobster laut dalam.

Penggambaran tersebut justru menjadi catatan, kapal yang memanggil dari kuburannya dan bercerita memberitahu kita. Seperti halnya cerita yang berasal dari teater Showbiz, begitu juga dengan Titanic. Ia digadang-gadang merupakan ‘karya mengharukan terbesar dalam sejarah manusia,’ menampilkan sebuah karakter yang bisa dibanggakan, seolah menolak kemegahan piramida Mesir atau pun Tembok Cina. Di awal, Titanic ini telah mempesona kita dengan keanggunannya di bawah kamera dari haluan ke buritan, hampir 900 kaki panjangnya, dan ‘berjaya di atas gelombang,’ hingga gunung es membuatnya tidak berdaya yang tak terbantahkan.

Lukisan “The Woman in the Picture”

Titik fokus pada film ini sebenarnya adalah mengenai lukisan dan ceriteranya, sehingga muncul istilah “The Woman in the Picture.” Hadir pada bagian awal ketika para peneliti mengeksplorasi lautan dan mendapatkannya di dalam kapal Titanic. “The Woman in the Picture” kemudian muncul di adegan ketiga dalam film. Hal ini memperkenalkan Rose Dawson Calvert (sebelumnya dikenal sebagai Rose DeWitt Bukater) ke dalam film, bersama dengan cucunya, Lizzy.

Adegan menunjukkan Brock Lovett (Bill Paxton) menemukan sebuah temuannya dari kapal karam sebuah lukisan seorang wanita yang sekaligus tertera tanggalnya pada 14 April 1912, tanggal dimana saat malam kapal tersebut tenggelam.

Wanita dalam lukisan itu mengenakan kalung hati Ocean, salah satu kalung yang Brock cari. Malam itu, Brock menerima panggilan telephone dari Rose tua (Gloria Stuart), yang telah melihatnya sedang diwawancarai tentang kalung tersebut di televisi. Dia mengatakan kepada Brock bahwa dia adalah wanita dalam lukisan. Tak menunggu lama, Brock mendapatkan Rose dan Lizzy yang langsung diterbangkan untuk menemuinya.

Sepertinya, film Titanic ini merupakan film terpanjang yang memiliki durasi 194 menit, film bertemakan cerita pelayaran tragis arahan sutradara James Cameron, dengan budget produksi menghabiskan sebesar $200 juta ini cukup meneruskan tradisi epik film-film besar hollywood. Dibuat sempurna, dibangun dengan cerdas, dan memukau.

Film Titanic telah mencatat sebagai film paling mahal yang pernah dibuat. Dilaporkan telah menelan biaya sebesar $200.000.000. Titanic telah membawa sejarah ke dalam pikiran, dan bukan hanya tentang bencana kelautan legendaris pada 15 April 1912 silam. Dan dengan film ini, setelah 58 tahun berlalu, pada 19 Desember 1997 ditayangkan secara premeier di kota New York, mengangkat kisah cinta yang lain dengan latar belakang keangkuhan, pergolakan dahsyat dan karakter yang terdefinisi.

Tapi tahukah kamu, kalau film Titanic yang luar biasa ini tak dapat diragukan sedikit pun begitu juga dengan para pemeran dalam filmnya, yang membuat film semakin memukau. Meskipun film ini membawa mereka ketenaran besar, baik Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet sekarang merasa malu dengan penampilan mereka dalam film ini. Winslet disebut mempunyai aksen Amerika-nya “mengerikan” dan merasa bahwa aktingnya “bisa lebih baik”, sementara DiCaprio menyebut dirinya sebagai “punk muda” dalam film ini.

Spesial Cameo Dalam Film Titanic

Beberapa anggota awak kapal penilitian Rusia, Akademik Mstislav Keldysh muncul dalam film, termasuk Anatoly Sagalevich, pencipta dan pilot kapal selam alias MIR Deep-submergence vehicle. Juga musisi Anders Falk, yang difilmkan sebuah film dokumenter tentang set film untuk Titanic Historical Society, membuat penampilan cameo dalam film sebagai imigran Swedia, saat bersama Jack Dawson ketika ia memasuki kabinnya; Edward Kamuda dan Karen Kamuda, diperankan oleh Presiden dan Wakil Presiden Titanic Historical Society yang menjabat sebagai konsultan film pun dilemparkan sebagai figuran dalam film.

* * * * * * *

Cast & Crew

Sutradara : James Cameron
Produser : James Cameron, Jon Landau
Penulis : James Cameron
Musik : James Horner
Produksi :  Paramount Pictures, 20th Century Fox, Lightstorm Entertainment
Distribusi : Paramount Pictures, 20th Century Fox

Pemain : Leonardo DiCaprio (Jack Dawson), Kate Winslet (Rose DeWitt Bukater), Billy Zane (Caledon ‘Cal’ Hockley), Kathy Bates (Molly Brown), Frances Fisher (Ruth DeWitt Bukater), Gloria Stuart (Old Rose), Bill Paxton (Brock Lovett), Bernard Hill (Kapten Edward James Smith), David Warner (Spicer Lovejoy), Victor Garber (Thomas Andrews), Jonathan Hyde (Bruce Ismay), Suzy Amis (Lizzy Calvert)

Penghargan 

#Best Picture – Academy Awards 1997
#Best Director – Academy Awards 1997 (James Cameron)
#Nominasi Best Actress – Academy Awards 1997 (Kate Winslet)
#Nominasi Best Supporting Actress – Academy Awards 1997 (Gloria Stuart)
#Best Editing – Academy Awards 1997
#Best Cinematography – Academy Awards 1997
#Best Art Direction – Academy Awards 1997
#Best Costume Design – Academy Awards 1997
#Nominasi Makeup – Academy Awards 1997
#Best Visual Effects – Academy Awards 1997
#Best Sound – Academy Awards 1997
#Best Sound Editing – Academy Awards 1997
#Best Original Dramatic Score – Academy Awards 1997 (James Horner)
#Best Original Song – Academy Awards 1997: “My Heart Will Go On”

Soundtrack Film Titanic

  Komposer : James Horner
Label : Sony Classical, Sony Music Soundtrax
Format : CD, Album
Negara : AS
Rilis : 18 November 1997
Genre : Pop, Classical, Soundtrack, Contemporary, Ballad
Total Durasi : 72:30 Menit
Daftar Track :
1.  Never an Absolution (3:03)
2.  Distant Memories (2:24)
3.  Southampton (4:02)
4.  Rose (2:53)
5.  Leaving Port (3:26)
6.  “Take Her to Sea, Mr. Murdoch” (4:31)
7.  “Hard to Starboard” (6:53)
8.  Unable to Stay, Unwilling to Leave (3:57)
9.  The Sinking (5:05)
10.  Death of Titanic (8:26)
11.  A Promise Kept (6:02)
12.  A Life So Changed (2:13)
13.  An Ocean of Memories (7:58)
14.  Celine Dion – My Heart Will Go On (5:11)
15.  Hymn to the Sea (6:26)

Trailer

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Tags: sinopsis film titanic, sinopsis titanic, sinopsis cerita titanic, sinopsis film titanic dalam bahasa indonesia, poto wanita yang di lukis di pilem titanic, lukisan jack di film titanic, lukisan di film titanic, durasi film titanic, cerita film Aliens Vs Titanic (2017), titanic sinopsis
Sinopsis Film | Titanic (1997) | admin | 4.5