Sinopsis Film | Toy Story (1995)

Detail Film

Genre : Adventure, Animation, Comedy
Rilis : 22 November 1995
Negara : AS
Bahasa : Inggris
MPAA Rating : G
Durasi : 1 Jam 21 Menit
Budget Produksi : $30 Juta
Box Office : $373.554.033
Penutupan : 5 September 2004
Site : www.toystory.disney.com

Metacritic: 95% | IMDb: 8.3/10 | Rotten Tomatoes: 100%

Sinopsis Film :

Woody, telah lama menikmati tempat yang layak sebagai mainan favorit di antara koleksi mainannya Andy, bocah berumur 6 tahun. Namun dengan cepat, suasana tersebut berubah setelah kedatangan mainan baru, kepercayaan diri Woody mulai terguncang, dan statusnya sebagai mainan kesukaan pun tersisihkan, setelah kedatangan Buzz Lightyear, sebuah mainan action figure luar angkasa paling keren yang pernah dibuat.

Woody pun kemudian merencanakan sesuatu untuk menyingkirkan Buzz, tetapi rencana tersebut malah menjadi bumerang baginya, ketika ia menemukan dirinya tersesat di dunia luar (yang sebetulnya di luar kamar Andy), dan hanya Buzz lah satu-satunya teman yang bisa diandalkan. Bergabung untuk menemukan jalan pulang, dua mainan yang bersaing ini malah menjalani sebuah petualangan, yang membuat mereka mendarat dalam cengkraman Sid, seorang anak tetangga sadis yang terkenal selalu memutilasi dan mengkanibalisasi mainan untuk dijadikan “mutan” favoritnya di kamar tidurnya.

Mereka sebagai ‘tamu’ Sid dan anjingnya yang bernama Scud, Woody dan Buzz akhirnya menempa persahabatan sejati dan belajar bahwa hanya melalui saling percaya dan menghormati, mereka memiliki kesempatan untuk bisa bertahan hidup.

Review Toy Story (1995)

Film Toy Story yang dirilis di tahun 1995, telah menyajikan sebuah film dengan sepenuhnya animasi komputer. Dengan mengangkat sebuah cerita tentang seputar mainan disekitar kita menjadi hidup. Kecemasan dari tokoh Woody, sebuah mainan koboy traditional yang berbicara ketika ditarik string dipunggungnya, muncul ketika ia digantikan oleh beberapa model mainan yang lebih baru. Ibarat kita, seperti kekasih, kamu akan memiliki kecurigaan secara konstan menganggu ketika yang kamu sayangi telah dicuri perhatiannya oleh saingan. Dan dalam hail ini, kamu mainan favoritnya. Tapi mungkin besok, kamu mungkin akan dilemparkan dan menjadi barang bekas yang berada di tong sampah.

Tak heran jika Woody (yang disuarakan oleh Tom Hanks) menjadi gelisah ketika Andy memasuki ulang tahunnya yang ke 7. Bagaimana jika hadiah barunya, menjadikan Woody dan beberapa mainan lainnya terpinggirkan? Mr. Potato Head misalnya, yang tidak bisa menjaga hidungnya, yang berharap ada ibunya di masa depan. Rex Dinosaurus, yang selalu gugup. Harem si celengan babi, serta si anjing kawat melingkar, Slinky Dog, dan Bo Peep, mainan perempuan favorit Andy lainnya. Mereka mengirimkan tentara Bucket O pada misi pengintaian untuk memata-matai Andy saat membuka hadiah.

Benar saja, mimpi terburuk Woody pun menjadi kenyataan ketika datang sebuah mainan ruang angkasa, ranger Buzz Lightyear (disuarakan oleh Tim Allen), superhero yang memiliki sinar laser dan sayap di kostum luar angkasanya. Dengan jenis mainan yang berbeda ini, Woody pun sadar bahwa ia hanyalah mainan kuno yang tidak bisa bakalan bersaing dengan Buzz. Situasi ini semakin buruk ketika BUzz akan segera menjadi maianan favorit baru Andy, dan menjadi pemimpin dalam koleksi mainannya. Woody pun berpikir, dia harus segera dibuang!

Di film Toy Story ini, Walt Disney Pictures berkolaborasi dengan perusahaan komputer grafis asal California, Pixar Animation. Datang dengan fitur animasi yang memiliki sesuatu yang dapat dinikmati semua usia. Sebuah cerita yang berisi dan lucu. Di film ini juga terdapat lagu sang komposer Randy Newman yang telah berhasil meraih beberapa penghargaan. Dan penampilan ekspresif luar biasa dari suara Tom Hanks dan Tim Allen, membawa fantasy yang dihasilkan oleh teknologi komputer ini begitu hidup dan menyenangkan.

Bintang lain yang mengisi film Toy Story diantaranya Don Rickles sebagai Mr. Potato Head, Wallace Shawn sebagai dinosaurus yang lemah lembut, Annie Potts sebagai Bo Peep, R. Lee Ermey sebagai mainan tentara, serta aktor cilik Erik Von Detten sebagai Sid, sosok manusia yang ‘sadis’ menurut dunia mainan. Di ruang kumuhnya, dia mengumpulkan koleksi mainan ‘mutan’ menakutkan di film. Woody dan Buzz, terdampar jauh dari rumah, menjadi tawanan Sid. Dalam perjuangan mereka untuk bertahan hidup, mereka dipaksa untuk mengakui bahwa mereka itu manusia atau non-manusia?

Film Toy Story muncul ke layar lebar dengan semangat yang benar-benar tidak seperti animasi tradisional biasanya, yang dilukis dengan tangan. Di tahun 1995, film ini begitu spektakuler. Toy Story digagas dan disutradarai oleh John Lasseter, animator Disney sebelum pindah ke Pixar, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh Steven Jobs, yang membeli divisi komputer dari Lucasfilm. Langkah ini juga merupakan film pertama dalam pembuatan fitur film animasi pada daftar The Disney-Pixar Animation.

Lasseter dan timnya telah membuat film Toy Story dengan memanfaatkan teknologi yang mencolok untuk sebuah kecerdasan yang sangat manusiawi, karakter yang kaya dan sebuah pesan yang ditunjukkan pada film ini bahwa mainan, memang adalah kita.

DVD & Blu-ray

Film Toy Story juga telah tersedia dalam format Blu-ray edisi khusus Combo Pack termasuk dua cakram, Blu-ray, dan film versi DVD. Edisi combo ini dirilis oleh Walt Disney Studios Home Entertainment pada tanggal 23 Maret 2010, bersama dengan sekuelnya. Pada tanggal 1 November 2011, tiga film pertama Toy Story yang kembali dirilis, masing-masing dalam format DVD | Blu-ray | Blu-ray 3D | Digital Copy paket combo (empat cakram masing-masing untuk dua film pertama, dan lima untuk film ketiga) yang dirilis pada Blu-ray 3D dalam set kotak trilogi lengkap.

Sekuel Toy Story

Film Toy Story yang terinspirasi dari beberapa materi seperti mainan, video game dan merchandise, telah dibuatkan sekuelnya yang berjudul Toy Story 2 dan dirilis pada tahun 1999. Lihat selengkapnya pada bagian akhir artikel.

* * * * * * *

Cast & Crew

Sutradara : John Lasseter
Produser : Bonnie Arnold, Ralph Guggenheim
Skenario : Joss Whedon, Andrew Stanton, Joel Cohen, Alec Sokolow
Cerita : John Lasseter, Pete Doctor, Andrew Stanton, Joe Ranft
Musik : Randy Newman
Produksi : Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios
Distribusi : Buena Vista Pictures Distribution

Pemeran (suara) : Tom Hanks (Woody), Tim Allen (Buzz Lightyear), Don Rickles (Mr. Potato Head), Jim Varney (Slinky Dog), Wallace Shawn (Rex), John Ratzenberger (Hamm), Annie Potts (Bo Peep), John Morris (Andy), Erik von Detten (Sid), Laurie Metcalf (Mrs. Davis), R. Lee Ermey (Sersan), Sarah Freeman (Hannah), Penn Jillette (Penyiar TV), Jack Angel (Shark), Spencer Aste (Tentara yang terluka)

Penghargaan

#Best Animation – Los Angeles Film Critics Association Awards 1995
#Special Achievement (John Lasster) – Academy Awards 1996
#Nominasi Best Original Musical or Comedy Score (Randy Newman) – Academy Awards 1996
#Nominasi Best Original Song for “You’ve Got a Friend in Me” (Rendy Newman) – Academy Awards 1996
#Best Animated Feature – Annie Awards 1996 $Best Individual Achievement: Animation (Pete Doctor) – Annie Awards 1996
#Best Individual Achievement: Directing (John Lasster) – Annie Awards 1996
#Best Individual Achievement: Music (Randy Newman) – Annie Awards 1996
#Best Original Score (Randy Newman) – Chicago Film Critics Association 1996
#Nominasi Best Motion Picture – Comedy/Musical – Golden Globe 1996
#Best Original Song – Motion Picture, for the song “You’ve Got a Friend in Me” (Randy Newman) – Golden Globe 1996
#Best Voiceover Performance by a Young Actress (Sarah Freeman) – Young Artist Awards #Added to the National Film Registry – National Film Preservation Board 2005

Soundtrack Film Toy Story (1995)

Title Album : Toy Story (An Original Walt Disney Records Soundtrack)
Komposer : Randy Newman
Label : Walt Disney Records
Format : CD, Album
Negara : AS
Rilis : 22 November 1995
Genre : Jazz, Rock, Stage & Screen
Style : Blues Rock, Soundtrack, Jazz-rock, Big Band
Total Durasi : 53:43 Menit

Daftar Track :
1 You’ve Got a Friend In Me (2:04)
2 Strange Things (3:18)
3 I Will Go Sailing No More (2:57)
4 Andy’s Birthday (5:57)
5 Soldier’s Mission (1:29)
6 Presents (1:09)
7 Buzz (1:40)
8 Sid (1:21)
9 Woody and Buzz (4:29)
10 Mutants (6:05)
11 Woody’s Gone (2:12)
12 The Big One (2:51)
13 Hang Together (6:02)
14 On the Move (6:18)
15 Infinity and Beyond (3:09)
16 Lyle Lovett and Randy Newman – You’ve Got a Friend In Me (2:42)

Trailer

Judul film pada artikel ini merupakan kategori Film Franchise: Sekuel, Prequel, Spin-off, Reboot, Remake, Cross Over, serta dari rangkaian film :
Toy Story | Toy Story 2 | Toy Story 3 | Toy Story 4
The Disney-Pixar Animation

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Tags: sinopsis film toy story dalam bahasa inggris, cerita tentang toy story 1 dalam bahasa inggris, sinopsis film toy story, sinopsis pendek toy story
Sinopsis Film | Toy Story (1995) | admin | 4.5