Sinopsis Film | V for Vendetta (2005)

Sinopsis Film V for Vendetta (2005), Kisah Revolusi Dan Asal Muasal Topeng Guy Fawkes

Genre : Action, Drama, Thriller
Rilis : 17 Maret 2006
MPAA Rating : R
Durasi : 131 menit
Box office : $132 juta (Anggaran $54 juta)

IMDb : 8.2/10
Rotten Tomatoes : 73%
Roger Ebert : 3/4

Cast & Crew

Sutradara :  James McTeigue
Produser : Joel Silver, Wachowski bersaudara
Penulis : Wachowski bersaudara (skrip), Alan Moore (karakter)

Pemain : Clive Ashborn (Guy Fawkes), Natalie Portman (Evey), Hugo Weaving (V), Stephen Rea (Finch), John Hurt (Adam Sutler), Stephen Fry (Deitrich), Tim Pigott-Smith (Creedy), Rupert Graves (Dominic), Roger Allam (Lewis Prothero), Ben Miles (Dascomb), Sinead Cusack (Delia Surridge), Natasha Wightman (Valerie), John Standing (Liliman), Eddie Marsan (Etheridge)

Trailer Film V for Vendetta 

Review

Film V for Vendetta, kisah Pejuang Bayangan yang mengubah Tirani dan aksi revolusi, film yang terinspirasi dari sebuah novel grafis karya Alan Moore dan David Lloyd yang berjudul sama, V for Vendetta. Seorang ‘V’, yang menghancurkan rezim otoriter pemerintahan Inggris.Sutradara film ini adalah James McTeigue yang diproduksi oleh salah seorang produser film tersukses Hollywood, Joe Silver, dan Andy & Larry Wachowski bersaudara pun menlis skenario film tersebut.

Bintang seperti Natalie Portman mengisi film ini sebagai Evey Hammond, beserta Hugo Weaving yang memerankan ‘V’. Bintang lainnya adalah John Hurt, Stephen Rea, dan Clive Ashborn.

Synopsis

Film V for Vendetta bercerita tentang keadaan setelah perang dunia ke-3 meletus, hal ini diyakini oleh pemerintah Inggris bahwa, semua dikontrol oleh negara, tidak ada kebebasan berpendapat bahkan hingga agama, hanya boleh memeluk agama yang direstui oleh negara. Pemberangusan terhadap pemilikan Al-Qur’an, buku-buku sastra dan karya seni dilarang.Sosok ‘V’ datang, dengan khas kostum ala Guy Fawkes mulai berperan dalam kondisi seperti itu dan melaksanakan revolusi. Ia mulai melancarkan sebuah propaganda yang dikenal dengan “propaganda by deed”, yang berarti bahwa kesalahan suatu negeri tidak selalu dituduhkan pada kesalahan para birokrat dan politisi negara, tetapi bagaimana pun juga peran masyarakat adalah yang utama. V pun mengatakan pada sebuah televisi melalui skenario penyadapan untuk diperlihatkan pada publik, bahwa “Untuk mengetahui siapa yang bersalah atas semua yang terjadi, mari kita menatap cermin.”

Tanggal 5 November merupakan hari yang bersejarah, V memilih tanggal ini untuk ditunjukkan sebagai peringatan Guy Fawkes saat meledakkan gedung parlemen Inggris yang gagal pada abad 16. Ini adalah kisah nyata.

Satu persatu, politikus yang dianggap bersalah menemui ajalnya. V, dibantu oleh Evey (Natalie Portman) hingga rencana pemberontakannya dalam kurun waktu satu tahun mendapatkan hasil, meruntuhkan kekuasaan fasis.

Behind the Scence

Keinginan Natalie Portman menggunduli kepalanya tercapai saat ia berperan Evey dalam V for Vendetta. Rambutnya dibabat habis oleh ‘oknum pemerintah’, yang tidak lain adalah V sendiri.

 

Soundtrack Film V for Vendetta

Composer : Dario Marianelli
Label : Astralwerks
Format : CD, Album
Negara : Eropa
Rilis : 2006
Genre : Classical, Stage & Screen
Durasi Total : 63:00 menit

Daftar Track :
1. “Remember Remember” (6:24)
2. Julie London – “Cry Me A River” (2:48)
3. “…Governments Should Be Afraid Of Their People…” (3:11)
4. “Evey’s Story” (2:48)
5. “Lust At The Abbey” (3:17)
6. “The Red Diary” (7:33)
7. “Valerie” (8:48)
8. “Evey Reborn” (3:50)
9. Cat Power– “I Found A Reason” (2:02)
10. “England Prevails”     (5:45)
11. “The Dominoes Fall” (5:28)
12. Antony & The Johnsons – “Bird Gurhl” (3:17)
13. “Knives And Bullets (And Cannons Too)” (7:33)

Save

Sinopsis Film | V for Vendetta (2005) | admin | 4.5